RSS

Merawat sepatu

24 Mar

Siapa yang tidak suka jika sepatu yang kita pakai terlihat bersih, nyaman dipakai, tidak membuat kaki sakit karena memakainya. Karenanya, dalam memilih sepatu, yang pertama diperhatikan adalah fungsi dari sepatu itu sendiri. Jangan sampai kita ingin bertamasya seperti ke Dufan misalnya, memakai high heels, menyiksa diri namanya. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah material yang digunakan, apakah dapat membuat kaki lecet atau tidak nyaman. Setelah mendapatkan sepatu yang diinginkan, diperhatikan juga perawatannya. Sesuai dengan bahannya, di bawah ini adalah cara-cara merawatnya:

Sintetis: membersihkan sepatu dengan spons kering / sikat. Tidak diperkenankan menggunakan air, krim atau pelembab sepatu, karena dapat membuat bahan sepatu menjadi rapuh. Perawatan pada sepatu berbahan sintetis ini hampir sama dengan perawatan pada sepatu kulit, walaupun daya tahannya masih di bawah sepatu kulit.

Kanvas & tekstil: menyemprot sepatu dengan spray anti noda khusus tekstil sebelum digunakan. Perawatannya, dapat dibersihkan secara perlahan-lahan dengan menggunakan kain lembab, air hangat, atau sabun ringan. Untuk menghilangkan bercak-bercak, dapat menggunakan sikat atau spons kering. Walaupun terkesan mudah membersihkannya, sepatu ini dicuci dengan menggunakan tangan, tidak dapat dimasukkan ke mesin cuci. Dikeringkannya pun hanya diangin-anginkan saja, tidak terkena sinar matahari langsung.

Kulit:

  • Full grain & action leather: membersihkan sepatu dengan menggunakan kain lembab, air hangat, atau sabun ringan. Untuk membersihkan kotoran, dapat juga menggunakan sikat halus atau sikat gigi bekas. Setelah kering, sepatu dapat diolesi dengan menggunakan krim khusus atau semir yang sesuai untuk melembutkan kulitnya. Jenis sepatu ini condong mudah dibersihkan & tahan lama, tergantung pemakaian. Namun, untuk action leather, sebaiknya tidak menggunakan semir atau pelembab apapun.
  • Suede & nubuck: membersihkan sepatu dengan pembersih anti noda khusus untuk suede & nubuck. Dapat membeli suede protector & menyemprotkannya pada sepatu agar terlindung dari kotoran/debu. Sesudah kering, pakailah sikat suede untuk membersihkan permukaan yang kotor. Jika ada noda, gunakan penghapus noda khusus. Penghapus pensil dapat membantu membersihkan bekas goresan & noda. Dilarang menggunakan air untuk membersihkan, karena air akan membekas secara permanen. Hati-hati menggunakannya ketika musim penghujan. Begitu pula dengan krim sepatu atau semir, hindarilah.

Hal yang penting dilakukan dalam penyimpanan sepatu adalah menaruhnya di tempat terbuka, ada aliran udara, agar sepatu tidak mudah lembab.

 
Leave a comment

Posted by on March 24, 2011 in Tips

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: