RSS

Pertanyaan Seputar Bisnis Cerdas

01 Apr

Apa yang ada di benak para pembaca ketika disebut nama Oriflame?? Kosmetik?? Hanya itu saja?? Pernah tersirat tidak di dalam penggunaan kosmetik itu ternyata merupakan bisnis yang luar biasa?? Orang awam, biasanya hanya tahu akan mendapatkan laba, sama seperti penjualan kosmetik lainnya. Berapa sey untungnya dengan penjualan tersebut?? Yang pasti 23% dari harga katalog. Lalu, itu saja?? Tentu masih banyak lagii..

Di bawah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh orang-orang yang biasanya hanya memicingkan sebelah mata akan bisnis ini. Kemungkinan besar adalah ketidaktahuan mereka akan opportunity yang ditawarkan. Walaupun sudah tahu, tetap saja ‘hidayah’ itu belum sampai ke mereka. It’s okay, karena setiap manusia diberikan kebebasan terhadap opini maupun pandangan masing-masing individu.

  • Pada awalnya, diriku pun sendiri pernah bertanya, apa iya dapat menjalankan bisnisnya yang notabene sudah buuanyak orang yang menjadi membernya. ==> Coba bandingkan, ada berapa ratus juta jiwa penduduk di Indonesia dengan ratusan ribu konsultan Oriflame?? Sebandingkah?? Berarti, kesempatan itu masih ada! Masih banyak orang yang belum tahu apa itu Oriflame, dan bagaimana menjalankannya.
  • Tidak mau menjual barang yang identik dengan makeup, karena itu urusan perempuan saja. ==>  Sudah pernah membuka katalognya belum?? Apakah dijual produk-produk wanita saja?? Banyak loh, pelanggan pria yang berlangganan membeli produknya. Perhatikan, apakah para manajer maupun bagian petinggi suatu produk kosmetik adalah wanita saja?? Pria pun pada akhirnya terjun mengelolanya, karena mereka tahu ada bisnis di dalamnya, dan mereka mau untuk mempelajarinya.
  • Mungkinkah dengan modal kecil, dapat menghasilkan jutaan rupiah, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah?? ==> Sekarang adalah era informasi, era dimana segala sesuatu dikerjakan secara mudah dan cepat. Ada sistem yang sangat mendukung itu semua dapat terwujud. Tinggal duduk di belakang layar, berpikir keras, everything is possibble!
  • Disekolahkan tinggi, kenapa akhirnya hanya menjadi seorang sales?? ==> Sudahkah menjamin bahwa titel dapat memberikan kesuksesan serta kebebasan finansial?? Hanya orang yang mengambil kesempatan emas, bekerja keras di dalamnya, dan berkomitmen, yang akan berhasil. Mengenai anggapan sales, teringat dengan kutipan ini: Eighty percent of success is showing up — Woody Allen. Apapun yang kita gunakan di dunia ini adalah sebagai penjual. Guru, menjual kemampuan mengajarnya; pelamar kerja, menjual kemampuannya dalam perusahaan yang ingin ia masuki; penyanyi, menjual kemampuan menyanyinya, dsb.
  • Sudah bekerja dengan posisi yang mantab, kenapa masih menjual produk ini?? ==> Adakah yang menjamin bahwa kita akan bekerja seterusnya di perusahaan yang kita anggap aman?? Bahkan seorang pegawai negeri pun, sudahkah memikirkan bagaimana ia setelah pensiun?? Sudah cukupkah penghasilan kita untuk sekarang maupun masa depan??
  • Akan mengganggu waktu kantor/kuliah/sekolah ==> Bisnis ini dijalankan dapat dimana saja, kapan saja, dan setiap anggotanya dapat mengatur sendiri pola kerjanya. Banyak looh, pekerja kantor, mahasiswa, pelajar, yang sudah sukses di bisnis ini. Semua hanya tergantung niat & kemauan.
  • Tidak punya bakat, tidak pandai berbicara, gaptek, tidak biasa dandan ==> Oriflame menyediakan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan diri. Tentu saja kita ingin diri kita makin baik ke depannya?? Menjadi diri yang dapat berguna bagi orang lain, begitu juga orang yang kita sayangi?? Seorang Dini Shanti, dia adalah co-founder dari d’BCN mampu mengatasi segala keterbatasannya, karena dia sendiri pun dahulu, menurut pengakuannya adalah seorang pemalu, tidak pandai berbicara, sekarang berbalik semua. Dia belajar sesuatunya secara otodidak, pernah merasakan kesusahan hidup, akhirnya bangkit dan menjadi seorang wanita dengan gaji puluhan juta rupiah dalam sebulan.
  • Tidak didukung oleh keluarga, kerabat, teman ==> Mereka yang tidak mendukung biasanya belum memiliki pengetahuan akan bisnis ini. Tunjukkan keberhasilan di bisnis ini! Mereka tidak akan percaya sebelum melihat hasilnya. Di dalam bisnis ini para anggotanya saling mendukung satu sama lain. Diriku pun merasa sangat beruntung mendapatkan komunitas ini. Di saat sedang down, banyak teman, upliners, cross team, training, yang dapat membangkitkan semangat kembali. Tidak ada kata bekerja sendiri di sini.
  • Kalau ditolak bagaimana?? ==> Tetap semangat! Di sini kita tidak memaksakan kehendak untuk bergabung dalam bisnis ini. Kita hanya memberikan informasi, mengajak, agar mereka tahu manfaat serta keuntungannya. Katalog yang telah didapat cukup menjual, karena barang yang dijual pun merupakan kebutuhan sehari-hari & sudah tidak diragukan lagi kwalitasnya. Kita pun menjalankannya dengan mudah & menyenangkan. Tidak terlalu memikirkan penolakan-penolakan tersebut, karena hanya menghabiskan energi. Masih banyak orang yang mau kita bantu untuk meraih mimpi mereka.

Pada akhirnya, semua kembali lagi kepada diri sendiri, sejauh mana kemauan & tekad seseorang dalam menjalankannya ketika kesempatan itu datang. The secret of success in life is for a man to be ready for his opportunity when it comes. Benjamin Disraeli

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: