RSS

Tips bepergian dengan si kecil

21 Jun

Sudah ada rencana perjalanan jauh dengan si kecil? Bingung bagaimana caranya? Biasanya hal ini dialami oleh new mommy untuk pertama kalinya, sedangkan yang sudah memiliki lebih dari satu anak biasanya sudah berpengalaman dalam membawa si kecil. Kalau saya, biasa dibilang orang-orang cukup ribet membawa ini-itu. Bagi saya, lebih baik agak sedikit merepotkan, daripada kerepotan mencari ini-itu ketika dibutuhkan, yang belum tentu ada ketika dicari di tempat yang baru. Ada beberapa tips yang saya dapat saya share di sini:

  • Sebagai orang tua, kita sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu, apakah dalam perjalanan ini nyaman atau tidak untuk si kecil, seperti kendaraan atau fasilitas lain yang akan digunakan, karena bayi lebih rentan terhadap udara panas & kemudian dapat membuatnya tidak nyaman (rewel).
  • Buat note kecil apa saja yang dibutuhkan si kecil. Hal ini untuk menjaga terlupanya membawa barang-barang anak.
  • Bawa tas/koper kecil khusus untuk si kecil. Tas/koper ini dapat juga dipisahkan kembali menjadi tas tentengan kecil yang berisi 1-2 baju, minyak gosok & perlengkapan lainnya, yang dibutuhkan dikala emergency, contoh ketika di penerbangan, cukup tas kecil saja yang ditaruh di kabin, lainnya dapat ditaruh di bagasi.
  • Pakaian secukupnya, disesuikan dengan cuaca saat berangkat maupun tiba di tempat tujuan. Popok/pampers/clodi (cloth diapers), topi, jaket/sweater  juga tetap dibawa, karena kita tidak tahu pasti keadaan apa yang akan terjadi selama perjalanan. Perlu dibawa juga sabun cuci kecil untuk mengucek kain jika sewaktu-waktu diperlukan.
  • Makanan, minuman & peralatannya. Tergantung berapa umur si kecil. Jika masih membutuhkan ASI, lebih baik sang ibu membawa nursing cover yang dapat dipakai dimana saja untuk menyusui. Jika menggunakan pesawat terbang, ada baiknya ketika take off & landing bayi disusui agar bayi tetap nyaman karena efek perbedaan tekanan udara pada telinga bayi. Boleh juga membawa hasil perahan, disimpan di tempat yang ditentukan, mengingat ASI ini hanya dapat bertahan beberapa jam di udara kamar. Makanan padat, kudapan, baik kue maupun buah potong, tentu penting untuk dibawa. Air putih, susu, & termos juga jangan sampai terlupakan.
  • Obat-obatan. Lebih baik konsultasikan dengan DSA jika akan membawa anak bepergian jauh, karena biasanya dokter sudah tahu dan akan memberikan resep obat-obatan yang biasa diperlukan ketika akan bepergian. Obat-obatan ini ditaruh di tempat yang mudah dijangkau/diambil jika dibutuhkan.
  • Gunakan car seat jika memakai kendaraan pribadi. Penting untuk keselamatan serta kenyamanan si kecil. Posisi sebaiknya disesuaikan dengan umur si kecil. Karena kita tinggal di Indonesia dan menggunakan jalur sebelah kiri, car seat pun sebaiknya diletakkan di sebelah kiri, untuk menghindari ‘keramaian’ dari jalur lawan.
  • Selimut & bantal kecil. Dapat dibawa ketika dalam perjalanan jauh. Mengapa ini penting? Agar anak terhindar dari kedinginan & dapat tidur dengan nyaman, apakah itu di pangkuan ibunya atau di tempat barunya.
  • Mainan/buku bacaan. Bawa 1-2 buah mainan/buku bacaan favoritnya, karena dapat membunuh kebosanannya dalam perjalanan.
  • Sandal & sepatu yang nyaman, beserta kaos kakinya.
  • Kantong plastik untuk pakaian kotor/hal-hal lainnya. Tissue basah maupun kering, peralatan untuk mencuci botol (jika menginap), begitu juga peralatan mandi.
  • Toilet training yang praktis dapat dibawa, seandainya anak belum terbiasa menggunakan toilet umum.
  • Yang terpenting adalah berdoa sebelum, di tengah & sesudah perjalanan. Bantu anak untuk memanjatkan doa, walaupun belum sepenuhnya mengerti, hal ini akan membawa kebiasaan baik untuk dirinya di masa depan nanti.

Happy weekend! =)

 
Leave a comment

Posted by on June 21, 2011 in Tips

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: